ERD "Laundry" (Lanjutan)

by 18.48 1 komentar
      Pada postingan sebelumnya kita telah belajar membuat sebuah rancangan dalam membuat suatu tabel dengan ERD, nah sekarang kita akan mencoba mengimplementasikan dalam bentuk nyata, tepatnya kita akan membuat tabelnya agar semakin jelas bagaimana ERD yang kita buat dan bagaimana relasinya. Langkah-langkah yang ditempuh, sama seperti saat membuat tabel pada pembahasan Laporan II, hanya nanti kita akan menambahkan bagaimana caranya agar kita dapat mengetahui relasinya. Oke gan, langsung eksekusi aja yuk, hehehe..
      Pertama-tama, kita harus mempersiapkan tabel-tabel apa saja yang akan kita buat, jika berdasarkan ERD yang telah kita buat kemarin, kita harus membuat tabel jenis_pelanggan, karyawan, layanan, pelanggan, dan transaksi. Dalam pembuatan tabel ini, kita dahulukan tabel-tabel yang menjadi primary Key, kemudian yang foreign key kita, jadi :

Tabel-tabel yang mempunyai Primary Key utama :
Tabel jenis_pelanggan :


Tabel Layanan :


Tabel karyawan :




Setelah itu kita buat tabel yang menjadi Foreign Key
Tabel pelanggan :


Tabel transaksi :




Nah, semua tabel telah kita buat :
Sekarang kita akan coba merealisasikannya, caranya mudah gan, pada menu-menu yang ada di database yang seperti menu bar, pilih more -> designer. Mungkin nanti masih tidak terlihat relasinya, atau kita harus membuat relasi sendiri, untuk mengatasi masalah itu, saya menggunakan bantuan SQLYog, sebagai berikut :
1. Buka pada database kita, pilih Tables, kemudian tarik tabel-tabel yang kita buat ke halaman kosong
    Schema Designer

   
2. Jika sudah, klik menu Relationships/Foreign Key pada tabel (gambar kunci), sehingga tampil kotak dialog berikut :





3. Kemudian klik New, dan sekarang kita tentuin primary key dan foreign key pada kotak dialog yang muncul (Curent table (foreign key table) dan Referenced table (primary key table)




4. Jika sudah berhasil, maka akan tampil sebagai berikut :


Sekarang kita balik ke MySQL PhpMyAdmin kita, kemudian refresh halamannya, dan kemudian akan tampil sebagai berikut :


Oke gan, sudah selesai, cukup mudah kan, hehehe. Selamat mencoba :)

Unknown

Developer

Cras justo odio, dapibus ac facilisis in, egestas eget quam. Curabitur blandit tempus porttitor. Vivamus sagittis lacus vel augue laoreet rutrum faucibus dolor auctor.

1 komentar:

  1. pak, maksud dari tablel jenis pelanggan itu isi nya nanti apa yaa ?

    BalasHapus